Ini Beberapa Sikap Yang Seharusnya Dilakukan Saat Bertemu Dengan Penyandang Disabilitas

Di banyak tempat, anda tentu sering menemukan para penyandang disabilitas. Entah di jalan, di sebuah gedung atau tempat public lainnya kompasiana. Sayangnya, belum banyak orang yang mengetahui bagaimana berinteraksi langsung dengan para penyandang disabilitas tersebut. Bahkan, seringnya, tidak ada yang peduli terhadap mereka.

Anda tentu juga sering mendengar bahwa para penyandang disabilitas justru sangat sulit mencari pekerjaan. Ada banyak perusahaan yang tidak bersedia menempatkan para penyandang disabilitas di perusahaan mereka. Padahal, dengan etika kerja yang baik, mereka bisa saja menjadi asset perusahaan.

Jika anda bertemu para penyandang disabilitas di jalan atau di tempat umum lainnya. Ada beberapa sikap yang seharusnya anda lakukan kepada mereka, seperti misalnya

1. Jangan bersandar di kursi roda mereka
Banyak orang yang tanpa sadar bersandar di kursi roda mereka. Bahkan, banyak orang yang menganggap hal tersebut adalah hal biasa dan tidak menimbulkan efek buruk kepada penyandang disabilitas tersebut. Padahal, bagi penyandang disabilitas, kursi roda mereka adalah benda yang penting dan jika ada seseorang yang bersandar di kursi roda mereka, maka akan sangat memalukan dan tentunya mengganggu mereka.

2. Perkenalkan diri ketika berbicara dengan tuna netra
Jika anda tidak sengaja bertemu dengan penyandang disabilitas yang memiliki keterbatasan pada penglihatan mereka, maka hal yang harus anda lakukan adalah memperkenalkan diri. Hal ini harus selalu dilakukan agar mereka mengetahui bahwa ada orang di dekat mereka. Ini juga dilakukan agar anda menjadi lebih akrab dengan lingkungan mereka.

3. Jika ia ditemani pendamping, usahakan untuk berbicara kepadanya, bukan pendampingnya
Mungkin, anda memang tidak sengaja selalu berbicara dengan pendamping mereka. namun, usahakan untuk berusaha berbicara kepada penyandang disabilitas tersebut. Hal ini akan membuat mereka merasa dihargai. Banyak para penyandang disabilitas yang merasa sensitive jika ada seseorang yang lebih memilih berbicara dengan pendamping mereka, daripada dengan mereka sendiri. Jadi, usahakan untuk menyapa dan mengobrol dengan mereka secara santai. Saat pertama kali bertemu, usahakan juga untuk menyapanya dengan ramah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *